Warung Pempek C'Ida

Warung Pempek C'Ida
Pemilik (Cek Ida) kadang terjun langsung melayani karena ramainya pembeli

Jumat, 04 Januari 2013

Palembang Tempoe doeloe


PALEMBANG  TEMPO  DOELOE





Jembatan Ampera dulu
Ini nih,, yang jadi ciri khas dari kota palembang, yaitu jembatan Jembatan Ampera yang dibangun pada bulan April 1962, setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden Soekarno. Pada awalnya, panjang jembatan ini 1.177 meter dan lebar 22 meter disebut jembatan Bung Karno. Secara resmi dibuka pada tanggal 30 September 1965 oleh Let. Jendral Ahmad Yani. Namun, setelah kekacauan politik pada tahun 1966, ketika gerakan anti-Soekarno berdegung kuat, jembatan itu berganti nama menjadi Jembatan Ampera. Bagaimanapun warga Palembang lebih suka menyebutnya "Proyek Musi".






Sketsa Kraton Sriwijaya
Ini merupakan sketsa (gambaran) dari kemegahan, kejayaan Kerajaan Sriwijaya.



Jembatan Kertapati dulu



 Kesibukan di Terminal Cinde dulu



 Kain Sonket
 Tahukah anda Menurut hikayat rakyat Palembang, asal mula kain songket adalah dari perdagangan zaman dahulu di antara Tiongkok dan India. Orang Tionghoa menyediakan benang sutera sedangkan orang India menyumbang benang emas dan perak; maka, jadilah songket. Sedangkan nama "Songket" sendiri berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti "mengait" atau "mencungkil".



 Benteng Kuto Besak (1930)
Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan pembangunannya diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1780 dengan arsitek yang tidak diketahui dengan pasti dan pelaksanaan pengawasan pekerjaan dipercayakan pada seorang Tionghoa.



 Masjid Agung Palembang (1930)



 Pinggiran Sungai Musi 


 
Gedung Ledeng (Sekarang kantor wali kota)

















 Jalan Sudirman tempo dulu


 Jembatan Ampera mulai dibangun tahun 1962






Palembang Tempo dulu

http://chirpstory.com/li/26090

Tidak ada komentar:

Posting Komentar